5

Pengalaman Seleksi Berkas Turkiye Burslari Scholarships (YTB)

Haloo! Apa kabar? Akhirnya, aku bisa buka blog ini lagi setelah bertahun-tahun blog ini aku tinggalkan. Kali ini aku akan membahas tentang Beasiswa YTB, beasiswa yang Alhamdulillah aku dapatkan saat lulus SMA tahun lalu (tahun 2018). Jadi aku ini sudah tahu Beasiswa YTB sejak aku masih kelas 11 SMA. Oleh karena itu, ketika pendaftarannya dibuka, aku sudah siap dengan semua persyaratannya. Alhamdulillah aku diterima oleh Beasiswa YTB (Yurtdışı Türkler Ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) di Gazi University jurusan Jurnalistik. Beasiswa YTB adalah beasiswa yang di berikan oleh pemerintah Turki. Beasiswa ini selalu dibuka setiap tahun. Dari tahun ke tahun, peminat beasiswa ini semakin banyak. Tahunku kemarin, tahun 2018 ada kurang lebih 10.000 orang pendaftar tahap seleksi berkas. Beasiswa ini di buka untuk jenjang tingkat S1, S2 dan S3. 




Apa saja yang di berikan oleh Beasiswa YTB? 

- Uang jajan tiap bulan 700 lira
- Gratis satu tahun belajar bahasa Turki (Tomer) 
- Gratis empat tahun biaya kuliah (S1)
- Gratis biaya tinggal di Asrama selama kuliah 
- Asuransi kesehatan selama di Turki.
- Tiket pesawat saat pertama kali berangkat dan saat pulang ketika lulus.

Ya, jadi Beasiswa YTB ini memang enak banget! Hampir semua kebutuhan ditanggung oleh beasiswa ini.  Nah, beasiswa ini ada dua tahap seleksi. Yang pertama seleksi berkas. Jika lolos seleksi berkas, ada seleksi wawancara. Jika lolos seleksi wawancara, kamu sudah otomatis di terima oleh beasiswa ini. Kali ini aku akan membahas tentang Seleksi Berkas Beasiswa YTB. 

Apa saja yang di butuhkan untuk Seleksi Berkas Beasiswa YTB?

- Ijazah bagi yang sudah lulus SMA. Jika belum ada Ijazah, bisa menggunakan Transkrip Nilai dari semester 1-5 dan Surat Keterangan Lulus dari sekolah. Oh ya, Ijazah, Transkrip Nilai dan Surat Keterangan Lulusnya berbahasa inggris ya!
- Softcopy Foto. Foto ini sebenarnya tidak ada persyaratannya, yang penting sopan dan rapih. Latar fotonya boleh warna apa saja, yang penting jelas. 
- Kartu identitas. Bisa menggunakan Paspor/KTP/Akte Kelahiran.
- Letter of Intent/LOI. Jadi ini adalah essay yang berisi tiga pertanyaan penting. Saat tahun 2018, pertanyaannya adalah tentang alasan belajar ke Turki, mengapa memilih jurusan tersebut dan rencana karir setelah lulus. Nah, LOI ini sangat penting sekali. Karena biasanya mereka pihak beasiswa sangat memperhatikan jawaban LOI kita. Aku sarankan, jawaban LOI itu harus berdasarkan fakta dan jangan bertele-tele. Yang penting jelas dan tersampaikan poinnya. 
- Sertifikat Bahasa Inggris seperti sertifikat TOEFL, IELTS, dll. Sebenarnya ini tidak terlalu penting. Jika tidak ada, tidak masalah. Karena ini hanya sebagai poin plus kita. Tapi, banyak juga yang diterima Beasiswa YTB dan mereka tidak menyertakan Sertifikat Bahasa Inggris. 
- Surat Rekomendasi. Surat Rekomendasi adalah surat yang ditulis oleh orang yang dekat dengan kita dan mempunyai jabatan tinggi. Seperti kepala sekolah, guru, dan lainnya. Di sarankan meminta dua buah Surat Rekomendasi. Tapi jika hanya satu Surat Rekomendasi, juga tidak apa-apa. 
- Sertifikat yang kamu punya. Mau itu sertifikat ikut seminar, sertifikat ikut lomba (sebagai peserta dan tidak menang), sertifikat menang perlombaan. Semuanya sertakan. Sertifikat yang pernah kamu dapat selama hidupmu dari TK sampai lulus SMA itu sertakan. Karena semakin banyak sertifikat, semakin bagus. Karena mereka pihak beasiswa akan melihat bakat dan kemampuanmu lewat sertiikat-sertifikat itu. 
- Work/Apprenticeship Letter. Ini opsional ya! 

Oh ya, ada syarat-syaratnya juga lho untuk daftar YTB :

- Warga Negara Indonesia.
- Berumur tidak lebih dari 21 tahun (untuk S1) dan tidak lebih dari 30 tahun (untuk S2)
- Tidak sedang atau tidak pernah menerima beasiswa dari Pemerintah Turki sebelumnya. 
- Memiliki nilai rapor dan ijazah 70% untuk semua jurusan, kecuali Medical School (jurusan kedokteran) nilai minimal 90%.
- Usia ijazah tidak lebih dari dua tahun. 
- Pelajar Indonesia yang sedang berkuliah di Turki tidak di perkenankan untuk mendaftar beasiswa untuk jenjang yang sama. Misalnya, Mahasiswa S1 mendaftar program untuk S1. 

Bagaimana cara mendaftarnya?

- Buka web resmi Beasiswa YTB, www.turkiyebuslari.org / tbbs.turkiyeburslari.gov.tr
- Buat akun baru, masukkan email dan password. Selanjutnya sistem akan mengirim link konfirmasi ke alamat email kita. 
- Buka email, klik link tersebut untuk aktivasi akun. 
- Buka lagi website YTB, lalu log in. 
- Nanti akan muncul form-form yang harus dilengkapi. Tenang saja, bisa diubah ke bahasa inggris kok. Di bagian atas kanan, ada kolom pilihan bahasa. Nanti tinggal isi sesuai ketentuannya. 
- Isi semua form sampai sudah tidak ada centang merah. Setelah semua diisi, pencet apply. Setelah pencet apply, baru akan muncul kolom untuk mengisi LOI, pilihan universitas, dan surat rekomendasi. 
- Masukkan essay (LOI) yang sudah dibuat sebelumnya. ada aturan karakternya. Setiap tahun berbeda. Saat tahun 2018, aturan karakternya maksimal 3000 karakter. 
-  Masukkan pilihan universitas dan jurusan yang di inginkan dengan ketentuan : jumlah maksimal pilihan untuk universitas yang terletak di kota besar (Ankara, Izmir, dan Istanbul) adalah 6 dari total pilihan 12. 12 kolom pilihan universitas harus terisi semua, atau aplikasi akan dianggap gugur. Bebas memilih universitas, baik negeri maupun swasta. Atau boleh pilihan universitas, 5 di kota besar, 6 di kota-kota kecil (seperti Samsun, Eskisehir, Bursa, Sakarya, Konya dll). Intinya pilihan univ di kota kecil harus lebih banyak dari di kota besar. Atau boleh dengan perbandingan sama, enam kota besar dan enam kota kecil. 
- Masukkan surat rekomendasi yang sudah di siapkan. 
- Cek ulang informasi yang telah diisi sebelumnya. 
- Klik submit! Selesai! 

 Silahkan tunggu 1-1,5 bulan dari tanggal penututupan pedaftaran. Siapa saja yang lolos tahap seleksi berkas, akan mendapatkan email pemberitahuan untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu tahap wawancara. Biasanya jika kamu lolos seleksi berkas, akan ada notifikasi juga di applicationmu. Ada di bagian my application, disitu nantinya akan muncul tanggal dan tempat wawancaramu (jika kamu lolos seleksi berkas). 

Tahun ini pendaftran YTB sudah dibuka! Dan ada yang berbeda dari pendaftaran tahap seleksi berkas tahun ini. Tahun 2018 kemarin, seleksi berkas YTB dibuka per negara. Tahun kemarin seleksi berkas YTB di Indonesia buka dari tanggal 16 april-14 mei. Dan tahun ini berbeda, karena tahap seleksi berkas YTB, di lakukan berbarengan satu dunia. Tahap seleksi berkas YTB tahun ini dibuka sejak tanggal 15 januari  2019 kemarin sampai tanggal 20 februari 2019.





Oke, good luck untuk yang mau daftar YTB! Semoga di permudah dalam mengisi application-nya. Sampai bertemu di postingan selanjutnya! 


5 comments:

Unknown said...

Wah, hebat

simdigapdua said...

Assalamualaikum ka. Dsini aku mengirim kesan ingin bertanya. Status aplication ku di website turki masih evaluation. Sedangkan dijadwal april-mei adalah tahap interview. Kalo boleh tau, saat kaka lolos beasiswa ini statusnya apa ya ka? Lalu dikabarkan lewat mana ka? Kira² kaka tunggu berapa bulan? Karena aku daftar sudah dari 20feb. Terimakasih atas waktunya senang rasanya apa bila dapat balasan dari kaka.

Nisa said...

" 12 kolom pilihan universitas harus terisi semua, atau aplikasi akan dianggap gugur " . Serius kak?, taunya darimana yaa, kalau milih univ <12 gimana?

Unknown said...

Assalamualaikum Kak. Pengalamannya bagus banget ya. Aku pengen nanya kak, semua dokumen mesti dalam bahasa Inggris ya dan harus resmi? Makasih kak

risydalamiya said...

halo ka terimakasih informasinya, kalau "- Usia ijazah tidak lebih dari dua tahun" boleh dijelaskan lagi dari sudut pandang kaka?
terimakasih

Post a Comment

Back to Top