0

Cara Dapetin Beasiswa Kuliah Gratis ke Korea, Beasiswa S1 S2 S3 Global Korean Scholarship

     Siapa sih yang nggak mau kuliah di negara yang menjadi kiblat bidang entertainment di dunia ini? Korea Selatan dengan ibu kotanya Seoul adalah negara yang sangat populer dengan musik K-Popnya, drama koreanya, variety shownya, bahkan agensi-agensinya juga sudah sangat di hafal oleh anak muda di seluruh dunia. Belum lagi pendidikan yang berkualitas dengan dibuktikannya universitas-universitas di Korea masuk dalam jajaran ranking terbaik universitas top dunia. Sebut saja KAIST (Korea Adnvanced Institute of Science and Technology), universitas di Seoul ini masuk dalam Top 56 Universitas Terbaik di Dunia berdasarkan survey tahunan dari QS World University Rankings. Dari dua faktor tersebut, banyak anak muda yang memiliki mimpi untuk kuliah ke Korea.

     Nah, kamu bisa lho kuliah 100% gratis ke Korea dengan cara mendaftar beasiswa GKS (Global Korean Scholarship) atau dulunya nama beasiswa ini adalah KGSP (Korean Goverment Scholarship Program). Beasiswa ini adalah beasiswa dari pemerintah Korea yang di kelola oleh NIIED (National Institute for International Education). NIIED adalah badan pemerintahan dibawah Kementrian Pendidikan Korea Selatan. Beasiswa ini mendanai seluruh biaya yang berkaitan dengan perkuliahanmu, dari awal kamu naik pesawat berangkat ke Korea, biaya hidup di Korea, biaya kuliah, sampai kamu lulus disana.  Beasiswa ini tidak hanya dibuka untuk orang Indonesia lho, tapi warga negara lain juga bisa daftar melalui Kedutaan Besar Korea di negara asalnya. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang S1, S2, dan S3. Untuk lebih detail lagi, GKS memiliki dua jalur pendaftaran : jalur embassy (jalur kedutaan) dan jalur universitas. Pembukaan pendaftaran beasiswa GKS untuk jenjang S1 adalah november dan untuk S2, S3 adalah februari. 

    Sebelum membahas jalur pendaftarannya, berikut ini adalah syarat-syarat untuk mendaftar Beasiswa GKS. Kira-kira kamu masuk dalam kriterianya nggak ya?

- Berkewarganegaraan WNI (Warga Negara Indonesia) 

- Memiliki kesehatan fisik dan mental yang kuat baik sebelum mendaftar GKS sampai lulus kuliah

- Sudah lulus SMA/Kuliah S1/S2 di jenjang sebelumnya 

- Jika kamu ingin mendaftar Beasiswa GKS S1, dan kamu belum lulus SMA atau masih di kelas 12, kamu masih bisa mendaftar beasiswa ini. Syaratnya adalah kamu harus menyertakan Certiciate of Expected Graduation saat pendaftaran. Kemudian jika kamu dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya, kamu harus menyerahkan transkrip nilai SMA dan sertifikat kelulusan paling lambat tanggal 31 Juli 2024.

- Minimal IPK untuk mendaftar beasiswa ini adalah 2.64 dari skala 4.00.

- Maksimal umur untuk kategori S1 adalah 25 tahun, sementara untuk S2 dan S3 maksimal umurnya adalah 40 tahun.

- Tidak berlaku untuk seseorang yang sudah menerima beasiswa dari pemerintah korea

- Skor TOEFL/IELTS untuk daftar Beasiswa GKS tidak wajib, tergantung jurusan dan universitasnya. Akan tetapi kebanyakan tidak mewajibkan skor bahasa inggris jika bahasa yang dipakai saat kuliah adalah 50% bahasa korea dan  50% bahasa inggris. Jika kamu mau melampirkan boleh saja. Untuk jurusan MBA (Master of Business Administration) yang kuliahnya menggunakan bahasa inggris 100%, skor IELTS biasanya wajib dilampirkan saat mendaftar GKS. 

    Selanjutnya, kira-kira apa saja sih manfaat yang didapat jika kamu diterima Beasiswa GKS?

- Tiket pesawat saat pertama kali berangkat ke Korea dan saat akhir setelah lulus dari Korea.

- Gratis belajar bahasa Korea selama satu tahun sebelum memulai jenjang kuliah

- Uang tunai untuk biaya hidup perbulan, untuk jenjang S1 sebesar 900.000 KRW atau kurang lebih Rp. 11,8 juta. Untuk jenjang S2 dan S3 biaya hidup perbulannya  sebesar 1.000.000 KRW atau kurang lebih Rp. 12,6 juta. 

- Tunjangan awal saat kamu pertama kali sampai ke Korea sebesar 200.000 KRW atau Rp. 2,5 juta. 

- Tunjangan penelitian sebesar 210.000 - 240.000 KRW per semester.

- Gratis biaya kuliah dari awal sampai lulus

- Reimbursement untuk biaya percetakan tesis sebesar 500.000-800.000 KRW.

- Asuransi kesehatan sebesar 75.000 KRW/bulan.

- Dana penyelesaian beasiswa sebesar 100.000 KRW. Dana ini berlaku jika penerima beasiswa akan balik ke Indonesia dan tidak melanjutkan untuk bekerja di Korea.

- Hibah kemampuan bahasa korea sebesar 100.000 KRW atau sekitar Rp. 1,1 juta setiap awal bulan, bagi pelamar beasiswa yang sudah memiliki skor TOPIK (Test of Proficiency in Korea) level 5 atau 6. 

    Wahhh, ternyata banyak banget kan manfaat yang di dapat dari Beasiswa GKS ini? Kamu tinggal duduk dengan tenang sambil belajar di Korea, karena semuanya sudah tercover oleh beasiswa. Eits, tapi apa saja ya berkas-berkas yang dibutuhkan untuk daftar beasiswa GKS?

- Paspor/KTP

- Formulir pendaftaran GKS 

- Perjanjian NIIED (Kertas perjanjian antara pelamar beasiswa dengan NIIED)

- Personal statement

- Study plan

- Surat rekomendasi 

- Pernyataan tentang kondisi kesehatan pribadi

- Persetujuan untuk mengumpulkan dan menggunakan informasi pribadi

- Ijazah dan transkrip nilai 

- Sertifikat prestasi atau perhargaan lainnya

- Kartu keluarga/KTP/paspor milik orang tua

    Nah, sampai sini kira-kira kamu udah paham belum nih tentang Beasiswa GKS? Dengan mengamati syarat-syaratnya, manfaatnya, dan dokumennya yang diperlukan, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu mendaftar beasiswa bergengsi ini. Untuk jalur pendaftaran beasiswa GKS ini seperti apa, akan di bahas di artikel selanjutnya, ya. Sampai jumpa di kesempatan lain! 

 

0 comments:

Post a Comment

Back to Top